jump to navigation

SIYB, Selayang Pandang 6 April 2010

Posted by sybcommunity in TENTANG SYB.
trackback

Indonesia, negeri dengan julukan zamrud di khatulistiwa dengan potensi sumber daya alam yang luar biasa. Areal hutannya termasuk paling luas di dunia, tanahnya subur, alamnya indah. Indonesia juga adalah negeri yang memiliki potensi kekayaan laut luar biasa. Wilayah perairannya sangat luas, belum lagi kandungan hasil laut yang diperkirakan mencapai 6,2 juta ton, mutiara, minyak dan kandungan mineral lainnya, termasuk di dalamnya keindahan alam bawah lautan.

Namun, kemiskinan seolah menjadi fakta tak terbantah. Data strategis BPS bulan Agustus 2008 menunjukkan jumlah angkatan kerja Indonesia sebanyak 111,4 juta orang. Dari jumlah tersebut tercatat 9,42 juta (8,48%) orang, merupakan penganggur terbuka yang berdomisili di pedesaan 4.186.703 orang (44,4%) dan di perkotaan 5.240.887 orang (55,6%), Selanjutnya penduduk miskin Indonesia saat ini mencapai 34,96 juta orang (15,42%) dengan komposisi 22.189.122 orang (63%) berada di desa dan 12.770.888 orang (37%) di kota.

Tidak ada bangsa yang sejahtera dan dihargai bangsa lain tanpa kemajuan ekonomi. Kemajuan ekonomi akan dapat dicapai jika ada semangat berwirausaha yang kuat dari warga bangsanya. Tanpa jiwa kewirausahaan maka sumber enerji, komoditi dan mineral yang melimpah di Indonesia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat. Diperlukan langkah nyata untuk menghasilkan para pelaku wirausaha baru, mengatasi kemiskinan dan pengangguran, sekaligus membangun kesejahteraan.

Jiwa dan kepribadian seorang pelaku wirausaha paling tidak dipengaruhi oleh dua hal, yaitu bakat dan lingkungan. Pada sisi lingkungan, dibagi ke dalam dua hal yang sama-sama memberikan kontribusi besar dalam membentuk jiwa wirausaha, yaitu pengalaman dan pendidikan. Permasalahannya adalah diperlukan desain pelatihan kewirausahaan yang mampu menciptakan lingkungan yang kondusif (memberikan pengalaman dan pendidikan) dan dapat membentuk anggota masyarakat menjadi seorang pelaku wirausaha dalam waktu relatif singkat.

Hal ini bisa diperoleh melalui pelatihan Start & Improve Your Business (Memulai dan Meningkatkan Usaha Anda), suatu program pelatihan manajemen bisnis yang praktis mengenai cara memperoleh ide bisnis, cara mewujudkan bisnis dan cara mengembangkannya. Program ini memiliki sistem dan metode pelatihan yang handal yang akan menjawab tantangan dunia kewirausahaan.

Terdapat 3 produk pelatihan yang dapat digunakan dalam program ini, sebagai berikut :

  1. Ciptakan ide bisnis anda (Generate Your Business Idea), pelatihan ini diperuntukan bagi mereka yang tidak memiliki ide bisnis tetapi berminat untuk berbisnis
  2. Memulai Bisnis Anda (Start Your Business), diperuntukan bagi mereka yang memiliki ide bisnis dan ingin mewujudkannya menjadi bisnis yang tangguh.
  3. Kembangkan Bisnis Anda (Improve Your Business), diperuntukkan bagi pengusaha yang ingin lebih mengembangkan usahanya.

APA DAN MENGAPA SIYB ?
Start & Improve Your Business (SIYB), dikembangkan dari sebuah paket pelatihan bernama Look After Your Firm (Jaga Perusahaan Anda) oleh Federasi Pengusaha Swedia di tahun 1970an. Kemudian Program ini dikembangkan oleh ILO dan kemudian diadopsi oleh lebih dari 80 negara (Afrika, Eropa dan Amerika Selatan) yang kemudian dikenal dengan Start and Improve Your Business. Di Indonesia, program ini diperkenalkan pada tahun 2002 sebagai sebuah alat untuk membantu calon pengusaha mempersiapkan rencana dan mewujudkan usaha mereka

Berbeda dengan jenis pelatihan yang lain, pelatihan SIYB memiliki sistem pelatihan yang lebih menekankan pada pendidikan menjadi seorang entrepreneur (asas peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap). Pelatihan ini akan memberikan pengalaman dan pembelajaran dunia wirausaha yang akan menjadikan buruh migran sebagai wirausahaawan yang cerdas memposisikan bisnisnya ditengah persaingan yang tajam dewasa ini.
Spesifikasi pelatihan SIYB adalah sebagai berikut ;

  1. Materi Pelatihan, memiliki desain pelatihan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta, materi lebih tersusun dengan tahapan dan tujuan yang jelas dan saling berkaitan serta relevansi dengan dunia nyata (adaptif).
  2. Metode Pelatihan, Menggunakan kombinasi dari berbagai metode pelatihan dengan prinsip pendidikan orang dewasa, pendekatan ini akan meningkatkan mutu & keterlibatan peserta dalam proses pembelajaran (peserta pelatihanlah sebagai sumber pembelajaran) serta motivasi peserta pelatihan dalam berbisnis
  3. Sarana Penunjang, dilengkapi dengan tools pelatihan dan Game Bisnis yang menarik dan aplikatif dalam berbisnis meliputi Siklus berbisnis, permintaan penawaran dan Bauran Pemasran (Marketing Mix) dilengkapi dengan praktek pencatatan keuangan, menentukan harga produk, dan perencanan penjualan.

METODE
• Studi Kasus dan Diskusi Kelompok, mengajak peserta untuk mengkritisi kasus dan temuan dalam berbisnis, bertujuan untuk mempertajam analisa bisnis
• Curah Pendapat (Brainstroming), Proses kreatif untuk menghasilkan ide-ide yang berkaitan dengan pengalaman dan wawasan berbisnis
• Sumbang Saran, proses berbagi pengalaman antara peserta sebagai sumber pembelajaran dan motivasi dalam berbisnis
• Bermain Peran & Game Simulasi Bisnis, simulasi bisnis yang akan mengulas tentang siklus bisnis, dinamika permintaan dan penawaran yang akan memberikan pembelajaran dan dapat diterapkan (aplikasi) dan diadaptasikan dalam bisnisnya.
• Ceramah, sumber inspirasi dan wawasan dalam berbisnis mengenai pendekatan secara teoritis (tetapi dapat di implementasikan) dan contoh yang baik (best practice) dalam mengelola bisnis.
• Latihan, bentuk pembelajaran aktif yang akan mendorong dan mengasah kemampuan peserta untuk mengembangkan diri terhadap pembelajaran yang telah mereka terima untuk kemudian diterapkan dalam bisnis

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: